Langsung ke konten utama

dua taun lalu.. (bagian 2)

akhirnya, gue ikut ujian snmptn tanggal 16 Juni dan 17 Juni 2010. 2 hari. 2 hari yang akan menentukan segalanya. apa gue bisa lulus ptn lewat snmptn? atau taun ini gue ga kuliah dan nunggu snmptn taun depan? hari itu, gue yang ujian di sma 7, benar-benar berserah diri. toh kalau ini ditolak, bukan akhir dari segalanya. gue udah biasa diberi ucapan "maaf, anda kurang beruntung" di setiap pengumuman hasil seleksi. gue berusaha yang terbaik untuk snmptn ini. beneran, kalo boleh didramatisir, mungkin ada lagu-lagu perang yang mengiringi ujian gue hari itu..


sebulan setelah snmptn (dan diiringi ujian-ujian seleksi kelas internasional fe unand, it telkom, dan usm stan yang ga usah dijabarin di sini. intinya sama aja, gue pasrah mau kuliah di mana), akhirnya datang juga hari pengumuman snmptn. dari pagi temen-temen, senior udah bikin status di social medianya. mereka berharap semoga teman-teman yang ikut snmptn bisa lulus dan kuliah di perguruan tinggi yang mereka inginkan atau di jurusan yang mereka dambakan. gue yang sebulan itu bener-bener pasrah dan berserah diri sama Allah, makin deg-degan. panitia penyelenggara snmptn udah bikin countdown di situsnya yang tinggal hitungan jam. katanya sih pengumumannya malem (jam 7, 8, apa 9 gitu). tapi, ternyata dipercepat, jam 6. JAM 6!!!!! makin muleslah gue :s


sore itu hujan deres banget. gue jadi inget, waktu umb juga hujan deres dan gue udah ada feeling gue ga lulus umb. kalau ini.. jujur ya, selama sebulan itu gue nyari tanda-tanda apa gue lulus snmptn atau ga. dan ntah ini bener pertanda atau ga, gue lupa kapan, waktu gue nonton kartun di nickelodeon dan disney, gue nangkep satu kata yang muncul di 3 acara yang berbeda. conscience. kata hati. apa ini pertanda? apa gue harus denger kata hati gue? atau logika gue yang jelas-jelas selalu pesimistik tiap kali gue berusaha mendengar kata hati? kalo dibikin dialog mungkin jadinya kayak gini..


conscience: kayaknya gue lulus snmptn deh
logic: mungkin, tapi yang pasti bukan ftsl itb. liat aja saingannya. jumlahnya banyak, dan yang lebih pinter dari lo juga banyak. walaupun kuotanya besar, yang ikut juga besar coy
conscience: ga, kayaknya gue lulus di UI deh. gue yakin.
logic: hah itu lebih parah lagi. kursi yang tersedia tuh udah dikit woy. 10 kursi!! jangan ngarep macem-macem lah.. 


selalu, konflik batin "gue lulus-gue ga lulus" selalu mengganggu pikiran gue.


oke, balik ke cerita. jadi akhirnya gue bikin kesepakatan sendiri. kalo ujan ini berenti sebelum jam 6, gue lulus. kalo ga, yah berarti gue ga lulus. perih juga. makanya gue makin kalang kabut komat-kamit berdoa supaya ujannya berenti aja. cuacanya bener-bener suram. di rumah ada mak gue, ami, dan ajif yang juga deg-degan nungguin pengumuman. dan lo harus tau.. ternyata tiba-tiba mati lampu! listrik padam! blah! makin ga karuan aja perasaan gue. dan gue udah mikir, "okay, thats it! gue ga lulus". sampai tiba-tiba akhirnya ada yang nelpon. laura.


heran, kenapa tiba-tiba dia nelpon ya? ternyata dia lagi di nemenin maknya dan kebetulan lagi di deket rumah gue. dia nelpon cuma pengen minta izin ke rumah buat pinjem.. toilet. kebelet pipis katanya. gue sih ga mikir macem-macem. yaudah sih. akhirnya dia dateng dan abis itu dia nanyain gimana snmptn dan berdoa semoga gue lulus di UI. ya, soalnya dia udah dapet UI dan kalo kita sama-sama di UI, artinya kita fix satu institusi dari SD. yah, gue dan laura selalu satu sekolah dari sd. sd tanah air, smpn 2, dan yang terakhir sman 1 padang. :)) jodoh kali ye :p setelah itu laura pun pamit pulang sekalian jemput maknya. 


gue akhirnya nyadar ternyata ujan udah reda dan mulai berhenti. tapi listriknya masih belum nyala yang berarti gue ga bisa hidupin komputer atau spidi buat internetan. hp? bagus sekali, indikator batrainya udah warna merah. tapi gue tetep maksain buat internet dan liat twitter. ternyata pengumumannya udah keluar.. nomor snmptn, mana nomor snmptn


oke. ini dia. snmptn.ac.id
dia minta gue masukin nomor ujian gue.. yak, here we go..
loading.. loading.. kayanya lamaaaa banget


karena k610i gue layarnya kecil dan gue lagi ga pake mode landscape di opera mini, maka tampilan pertama yang muncul adalah nama gue. ya. gue masih mikir mungkin diliatin nama, terus nomor ujian, dan disampingnya ada tulisan lulus atau tidak lulus..


gue geser ke samping.. tampilan kedua adalah nomor ujian gue. oke.....


geser ke samping lagi........














ILMU ADMINISTRASI NEGARA UI


hah. hah. HAAAAAAAAHHH


"MAMAAAAAA GHINA LULUUSS. GHINA LULUUUUSSSSS"
"Alhamdulillah naaaaaak, apa? dimana?" mak gue seneng, terharu dan meluk gue..
"di.. di.. administrasi negara UI" 


gue sampai susah ngomong saking speechless nya. gue sujud syukur (kiblat mana kiblat). dan lompat-lompat tereak tereak kegirangan. bersyukur. ini dia. ini dia jawaban atas penolakan-penolakan yang gue terima selama ini. UI, calon kampus gue. akhirnya.. akhirnya gue kuliah di pulau Jawa! akhirnya gue kuliah di UI! ayeaaaahhhh


dan gue tiba-tiba tersentak, nyadar jangan-jangan kedatangan laura yang notabene udah resmi jadi anak UI (dia udah daftar ulang dan dapet jakun, yang ga boleh gue pegang waktu pertama kali lihat) itu pertanda kalo sebenernya gue diterima di UI. gue pun telpon dia dan ngasih kabar gembira ini. laura seneng dan gue bilang terima kasih udah mampir ke rumah gue tadi sore. :') abis nelpon laura, gue pun nelpon bokap gue dan beliau seneng akhirnya anaknya ini lulus seleksi juga. beliau pun bilang bentar lagi kerjaannya kelar dan pulang. 


sebenernya sehari sebelumnya ada pengumuman dari it telkom dan gue lulus di teknik informatika. cuma hari itu, perasaan gue biasa aja. cuma lega seenggaknya gue udah ada pegangan mau kuliah dimana. cuma yang bikin kacau adalah, kartu ujian gue hilang dan gue jadi panik gimana mau ngurusin daftar ulang kalo kartu ujiannya ilang? tapi untunglah gue lulus snmptn jadi ga perlu repot-repot mikirin telkom. walaupun it telkom ada di bandung (gue sempet mikir, ga dapet itb, it telkom bolehlah. kan itu juga di bandung) dan dapet jurusan teknik, gue abaikan dan fokus ke UI. besoknya juga ada pengumuman dari fe internasional unand dan gue lulus di ekonomi internasional.


jadi dalam 3 hari berturut-turut, 15, 16, 17 Juli 2010, gue lulus di 3 perguruan tinggi. it telkom, UI, dan unand. hha! 


:')


disini, gue mau ngucapin terima kasih buat 
--mama dan papa, yang selalu berdoa dan rela uangnya gue abisin buat ikut berbagai macam ujian yang biayanya ga murah. belum lagi yang ke pekanbaru dan bandung. fufu. makasih ma, pa, selalu ngasih dukungan buat ghina selama masa-masa labil dan ga jelas waktu itu. 
--pak pandu, yang udah ngajarin ghina matematik dari kelas XI dan bikin ghina ngerti gimana ngerjain soal integral, differensial, dimensi 3 dan banyak materi matematika lainnya dari susah jadi lebih mudah dimengerti. makasih banyak paak. :')
--buk efi, yang ga pernah ngajar di kelas ghina. makasih buk udah ngajarin fisika ke ghina. di kelas ghina ga terlalu ngerti, ibuk udah bikin catetan fisika ghina lebih rapi dan teratur dan lebih mudah dipahami. makasih atas fotokopia-fotokopian soalnya juga buk :')
--GO dan kelas TWT21. hahaha aduh kalo ga ikut bimbel mungkin ga dapet buku-buku koding yang tebelnya bikin tas berat :p makasih untuk semua guru-gurunya yang udah ngajarin rumus the king dan lainnya. dan kang arif, walaupun udah dipanggil duluan, kang arif adalah guru yang pinter di GO. makasih kang arif..
--buk sien. ntah kenapa pengen ngucapin terima kasih sama buk sien. guru gue waktu smp. ga pernah diajar di kelas sih. tapi gue selalu les sama beliau sejak kelas 2 smp sampai kelas 3 smp. makasih ibuk.. ghina jadi suka matematika sejak ibuk yang ngajar. fisika juga.. kalo ga diajar ibuk mungkin ghina ga bisa masuk smansa dan dapet kesempatan untuk ketemu temen-temen yang pinter dan bikin ghina jadi lebih termotivasi.. semoga ibuk sehat selalu dan ilmu yang ibuk berikan bermanfaat..
--dan semua pihak-pihak yang ikut menyukseskan ghina hingga lulus snmptn.. hahaha kayak yang gimana aja. smansa, graffiti khususnya. teman-teman seperjuanganku :')


apa yang gue pelajari disini adalah.. JANGAN, MAU, NYERAH. kelas XII adalah perang. perang ilmu, dan terutama, seperti kata pak pandu, perang do'a. lo boleh ikut les privat, les di lembaga ini itu, tapi kalo lo ga berdo'a, maka lo mungkin kalah. yah, sebenernya gue mau nulis lebih banyak lagi, tapi sayangnya udah jam 7 dan gue harus mandi (oh, haruskah?) karena ada kelas jam 8. 


see ya later fellas!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

A Story of Unsuccessful Romance: Chapter 1

 I Saw You Across The Classroom I would've never thought that the moment I saw him for the first time across our classroom was the moment that I would remember for the longest time. I was just a 14 year old kid who like pretty people with pretty eyes. Little did I know I would think over him over the years.. I got accepted to one of reputable public high school in my city, barely. My name was at the bottom of selection results, like, the last 5 people who got in to this school. Nevertheless, I was excited, of course. It was my dream to be a student here since it would help me path my way to go to reputable universities in the future. Back then, this school had two special programs, the acceleration program where you could study in high school for two years, and the international program- where you (were supposed to) learn all the subjects in English. I just finished my orientation and I was initially studying at grade X(ten) - 3. My mom, who is a high school teacher herself in anot

feelings and emotion

2023 is such a rollercoaster ride, while it was mostly screaming fun, I still had a few low moments. Especially now that I am not in Japan anymore. I tried to rationalize what I have been feeling by skimming through journal about re-entry/reverse culture shock. Quoting from Marquette University , re-entry is a common reaction to returning home from studying abroad. I felt sad, melancholic, and frustrated by how I should behave with my coworkers; wondering why I have been feeling down a lot for the past three months. Usually, I would just record video journal as a replacement for this blog/writing, however since it's already late at night and I need to get this out immediately without my sister listening what I am experiencing right now, I thought, "why not going back to my usual blog so I can process what to do or how to behave?" So here I am. After my birthday, which was a couple of days ago, I felt this sudden change of mood. I no longer desire to go on a hiking trip w

Senior Thesis Story - The Never Ending Regrets

This story was originally posted on my Tumblr. Had to set it to private because of, reasons. This, is a story of How I Die…. No, no. It’s actually one of the sad story of a senior student. How she became so careless about her university’s life. It all began when a young maiden called Nedayah decided to click a subject oh her academic report. The Senior Thesis. A six credit subject that leads most of seniors to success, or never ending failures. There are many tears and blood and sad and painful stories behind this. No matter what, when you decided to graduate university or college from this path, you have to go forward. You have got to decide what kind of problem you want to take for research, what kind of methods you want to use, and what are the reasons why you choose this problem. So one day, Nedayah had an idea. That she will take a research about: the formulation of a local regulation about buildings. Her minds wandered for so long, thinking about what city she would choose.