Langsung ke konten utama

opportunity cost

beberapa minggu yang lalu, gue dapat bm kalo ada kesempatan buat jadi pengawas snmptn 2012. gue yang dari taun lalu pengen banget jadi pengawas ujian, tentu aja gamau nyia-nyiain kesempatan ini. gue pikir karena waktu itu masih musim uas, gue bisa leha-lehe pagi itu karena menurut bm yang gue dapet, pendaftarannya sampai jam 4 sore. but, guess what. I missed it. ternyata dari jam 7 pagi udah pada ngantri buat ngisi formulir pengawas dan 300  formulir (kalo ga salah),  abis dalam waktu 1 jam. sangat mengganggu. karena gue baru dateng jam 10 dan masih berharap ada formulir nyisa. sial.


beberapa hari kemudian gue dapet bm lagi. masih tentang snmptn, cuma posisi yang ditawarkan sedikit berbeda dari pengawas snmptn biasa, yaitu.. jadi pengaman soal. well bayarannya lebih besar daripada jadi pengawas biasa, tapi tentu aja resikonya juga besar. lo bertanggung jawab terhadap soal-soal snmptn yang lo jaga. jelas ini lebih berat dibanding meratiin peserta ujian yang berusaha curang waktu ujian. tadinya gue nekat pengen ikutan.. tapi semesta berkata lain. alam mengirimkan hujannya dan hari itu gue terjebak masalah lain (dan ga selesai) yang bikin gue nyerah dan mengurung diri di kamar. hari itu tanggal 31 Mei, dan gue menetapkan hari itu sebagai hari paling buruk sepanjang Mei. dan cara yang buruk juga untuk mengakhiri Mei, mengingat selama Mei gue punya cukup banyak kenangan menyenangkan. yasu. pfft.


tapi yang namanya rezeki ga kemana, besoknya gue dapet sms dari PO gue kalo ternyata bem punya 80 formulir pengawas dan ini dikhususkan untuk elemen-elemen bem, termasuk untuk panitia proker acara bem. tapi, ada syarat dibalik tawaran ini. selain harus dateng jam 1 (gue percaya untuk hal ini semua orang tiba-tiba jadi on time), komisi yang dibayarkan ke pengawas 30% nya harus diserahkan ke bem. gue yang waktu itu terlanjur bahagia kerena menemukan kesempatan buat ngawas snmptn, ga memedulikan masalah 30% itu, walaupun setelah mendaftar (dan menemui beberapa orang yang gue kenal dari kepanitiaan lain yang juga gue ikutin) akhirnya gue mikir, apa ini.. tindakan pemerasan? atau pencaloan? malamnya temen gue ada yang mempertanyakan itu di twitter, dan setelah menyimak berbagai penjelasan, ternyata ada alasan dibalik itu. tapi tetep aja menurut gue hal ini masih mengganjal. aneh. yasuu gue gamau mikirin itu lagi dan fokus ke uas, dan rela pendapatan pertama gue akan dipotong 30%. anggap aja ini harga yang harus dibayar. konsekuensi lo ga dateng ontime di hari pertama dan lo ga punya koneksi ke mahalum jadi gatau ternyata disitu juga ada formulir pengawas snmptn..


sampai akhirnya hari menjadi pengawas.


hari pertama, kemarin. kebetulan gue dapet jatah ngawas di FE UP. jam stengah 6 gue udah berangkat karena jam 6-nya udah harus sampai disana buat briefing. jaraknya ga terlalu jauh sih, cuma.. lo kan gatau jalanan nanti kaya apa, macet apa ga. jalanan ramai lancar dan gue nyampe di UP jam 6 kurang 15. setelah briefing, akhirnya gue tau siapa partner gue ngawas nanti. beliau dosen di UP dan syukurlah orangnya baik. well, semua orang yang gue temui waktu briefing sih menurut gue baik. cuma satu yang agak "tegas", kayanya sih koordinator apa gitu yang ngasih arahan sama ngumpulin soal dan meriksa lagi apa ada kekurangan. wajarlah kalo dia tegas. sebelum briefing juga disediain teh anget dan siangnya juga dikasih snack. 
waktu ngawas, jujur gue grogi. gue takut kalo misalnya lembar jawaban yang gue bagiin itu rusak di tangan gue, atau, gue salah ngasih instruksi ataau gue salah nyocokin wajah di album peserta sama identitas yang dibawanya. yang agak ganggu sih, foto peserta yang ga jelas. ada yang gelap, ada yang senyum lebar, ada yang kepalanya dimiringin, ada yang foto kaya di facebook.. dan ada yang di fotonya gemuk, ternyata aslinya udah kurusan. pfft. gue mah malah gemukan dari foto gue yang diambil beberapa bulan sebelumnya.. 
hahaha lucu sih, gue jadi tau gimana sebenernya orang waktu ngerjain soal. ada yang berkali-kali runcingin pensil, ada yang kakinya gerak-gerak mulu, ada yang lupa nulis kode naskah, ada yang tenang.. dan di ruangan gue, yang ga ikut ujian ada  2 orang. udah lulus kali ya makanya ga dateng..


hari kedua. sebenernya sih ujian mulai jam setengah 11, tapi kalo ga salah ada yang bilang hari ini harus datang jam 8. dan sekali lagi, jam 7 gue udah berangkat dan nyampe UP jam 7.20. sial, ini mah kecepetan. karena males masuk, akhirnya gue bengong dulu di haltenya. kali aja ada peristiwa seru yang terjadi disana. kecelakaan misalnya. hahah oke imajinasi gue agak berlebihan (emang sih). dan ya, ternyata memang ada kejadian di sekitar halte. di depan halte ada stasiun dan disana ada segerombolan orang yang kayanya lagi meributkan sesuatu. ternyata ada orang yang sakit (katanya sih jatuh dari kereta). tapi orang itu dibiarin lamaa banget. sampai akhirnya 2 satpam stasiun itu nyebrang dan nyoba cari angkutan untuk bawa orang itu. pertama, taksi. gamau. kedua, angkot 129 (kalo ingatan gue bener) gamau juga. baru angkot ketiga yang kosong (lupa angkot apa) yang mau jadi ambulans mendadak dan orang itu digotong masuk ke dalam angkot. abis nontonin kejadian itu (iya, cuma nontonin .__.) akhirnya gue masuk ke dalem. udah jam 8 sih, tapi yang dateng baru beberapa dan yah. lagi-lagi bengong ga jelas di ruang tunggu..
kemaren ada yang ketinggalan ktp, skhun, dan kartu ujiannya. parah banget. untung gue ambilin, kalo ga, ya gabisa ikut ujian kayanya tu anak. ujiannya ips dan waktunya cuma satu jam. ckck. gue dulu berapa jam yak? satu jam juga apa? auk ah ga inget..
selesai balikin soal dan berterima kasih ria sama partner ngawas, akhirnya gue dapet juga "uang lelah" sebagai pengawas snmptn. lumayaan.. lumayaaan. sampai akhirnya gue inget harus ngasih 30% nya ke bem dan ternyata gue juga harus iuran untuk kepanitiaan lain "itu". ugh. agak ga rela. bukannya gimana-gimana. gue lagi dalam kondisi.. butuh-uang-banget. ada varibel-variabel bebas dan terikat yang mempengaruhi kondisi perekonomian keluarga gue sampai gue butuh tambahan uang. jujur, gue kesel. ini duit pertama gue dan gue harus merelakannya ke orang lain? wah.. berarti kehidupan kerja nanti benar benar mengerikan ya.. gue baru kerja sama organisasi struktural di kampus loh, belum kerja sungguhan di dunia kerja. udah gini aja. yasu, lagi-lagi gue mikir konsekuensi, dan takdir. 


sampai di kosan, gue inget ada ngumpul buat bikin kuesioner mps. ngumpulnya dari pagi sih. tapi ternyata sampai siang kuesioner itu belom kelar, padahal besok udah harus diuji coba ke lapangan, apa kuesionernya layak apa ga. dan ternyataaaaaaaaaa gara-gara partisipasi gue buat kuesioner itu sebagian (karena gue dateng telat), nilai kuesioner gue ga sepenuh temen-temen yang lain. kalo kata temen gue yang juga ngawas snmptn sih.. iya ini namanya opportunity cost yang harus dibayar. well. okay. pfffttttttt mendinglah daripada sama sekali ga datang. sabar ghin. sabaar.


oh, jadi sampai disitu aja opportunity cost yang harus gue bayar? hell no. lagi lagi gue harus nerima kenyataan kalo uang yang gue terima itu harus gue sisihkan untuk proker yang salah satu acaranya jadi tanggung jawab gue. damn. damn damn damn. daaaaaamn. gue kesel banget. hellooo, lo ga ngasih tau gue kalo gue harus nyisihin duit lagi buat acara itu. gue pikir dengan 30% yang dikasih ke bem itu udah termasuk buat acara itu. oke ini semacam beban buat gue. kesel. asli. gue gatau apa itu pengaruh gue capek dan laper makanya tadi sore waktu nerima sms pemberitahuan itu gue langsung matiin hape, tidur, dan berniat ngundurin diri dari kepanitiaan itu. capek gue. ada banyak alasan yang bikin gue ga betah di sana. gue muak jadi "pekerja". gue muak cuma harus ngerjain kewajiban gue tanpa bisa menumbuhkan sense of belonging gue di kepanitiaan itu. gue benci. benci perasaan kaya gini. menurut gue, kalo seseorang merasa memiliki di suatu kepanitiaan, entah itu dengan cara punya temen deket disana atau apapun itu, dia bisa ngerjain kewajibannya dengan senang hati, tanpa merasa terbebani, karena dia suka dan punya seseorang untuk diminta bantuan. nah ini, gue ga punya sense of belonging di sini, ngapain gue capek hati capek pikiran capek badan buat ngurusin kepanitiaan ini? dibayar juga engga. yang ada duit gue yang diminta buat keberlangsungan acara ini. oke maaf. gue cuma kesel. ini taun kedua gue di sini dan gue masih harus ngalamin perasaan kaya gini? cukup 2010 dan 2011 aja gue kaya gitu. bukan tahun ini. aaah gue udah berkali kali ngeyakinin diri gue kalo ini gara-gara belum team building. first important rule yang harus ada di suatu kepanitiaan, team building. ini penting. percayalah. kalo lo cuma susah-susah buat suatu acara tanpa ada seneng-senengnya.. mending kerja nyari duit aja sekalian..


gue lagi emosi. tulisan ini dibuat tanpa memikirkan hormon yang mempengaruhi. sekian.

Komentar

  1. yg lupa nulis kode naskah gimana tuh?
    Apakah fatal?
    Soalnya sptnya sy juga lupa. Xixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah saya kurang tau juga.. maaf ya..

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

A Story of Unsuccessful Romance: Chapter 1

 I Saw You Across The Classroom I would've never thought that the moment I saw him for the first time across our classroom was the moment that I would remember for the longest time. I was just a 14 year old kid who like pretty people with pretty eyes. Little did I know I would think over him over the years.. I got accepted to one of reputable public high school in my city, barely. My name was at the bottom of selection results, like, the last 5 people who got in to this school. Nevertheless, I was excited, of course. It was my dream to be a student here since it would help me path my way to go to reputable universities in the future. Back then, this school had two special programs, the acceleration program where you could study in high school for two years, and the international program- where you (were supposed to) learn all the subjects in English. I just finished my orientation and I was initially studying at grade X(ten) - 3. My mom, who is a high school teacher herself in anot

feelings and emotion

2023 is such a rollercoaster ride, while it was mostly screaming fun, I still had a few low moments. Especially now that I am not in Japan anymore. I tried to rationalize what I have been feeling by skimming through journal about re-entry/reverse culture shock. Quoting from Marquette University , re-entry is a common reaction to returning home from studying abroad. I felt sad, melancholic, and frustrated by how I should behave with my coworkers; wondering why I have been feeling down a lot for the past three months. Usually, I would just record video journal as a replacement for this blog/writing, however since it's already late at night and I need to get this out immediately without my sister listening what I am experiencing right now, I thought, "why not going back to my usual blog so I can process what to do or how to behave?" So here I am. After my birthday, which was a couple of days ago, I felt this sudden change of mood. I no longer desire to go on a hiking trip w

Senior Thesis Story - The Never Ending Regrets

This story was originally posted on my Tumblr. Had to set it to private because of, reasons. This, is a story of How I Die…. No, no. It’s actually one of the sad story of a senior student. How she became so careless about her university’s life. It all began when a young maiden called Nedayah decided to click a subject oh her academic report. The Senior Thesis. A six credit subject that leads most of seniors to success, or never ending failures. There are many tears and blood and sad and painful stories behind this. No matter what, when you decided to graduate university or college from this path, you have to go forward. You have got to decide what kind of problem you want to take for research, what kind of methods you want to use, and what are the reasons why you choose this problem. So one day, Nedayah had an idea. That she will take a research about: the formulation of a local regulation about buildings. Her minds wandered for so long, thinking about what city she would choose.